Menjadi Pribadi yang Lebih Tangguh & Menginspirasi Indonesia

IMG_20171107_224440

Hari ini aku diberi kesempatan oleh Tuhan mengikuti Tabligh Akbar bersama Ustadzah Oki Setiana Dewi di Isamic Center Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Bersyukur karena bisa bertemu dan bertatap muka langsung dengan figur yang sangat menginspirasi yang dulunya aku hanya bisa melihatnya lewat TV atau sekedar membaca bukunya. Semester ini aku bersyukur bangat jadwal kuliahku yang hanya 3 hari dalam seminggu membuatku memiliki banyak kesempatan untuk memperdalam ilmu agama dan mengisi kekosongan iman. Kebosanan yang aku keluhkan tiap hari, merasa banyak waktu yang nggak produktif ternyata itu cara Tuhan mendekatkanku padaNYA. Dari mulai aktif di organisasi KAMMI, mengisi waktu dengan terus menulis melalui event-event sederhana di Instagram hingga mengikuti kajian-kajian yang akan terus memperkaya wawasanku. Tidak ada kendaraan dan teman yang bisa di ajak untuk ikut bukan menjadi alasan untuk menghambatku terus berburu ilmu kapanpun dan dimanapun.

Masa muda bagiku adalah masa-masa produktif, masa-masa untuk terus berkarya. Fokus untuk terus berprestasi. Orang sukses bukanlah orang-orang cerdas atau kuat, bukan pula milik mereka yang berduit dan anak para pejabat. Orang sukses adalah orang yang tekun, dia yang bersungguh-sungguh, adalah dia yang tidak berhenti ditengah jalan ketika sedang berjuang. Man Jadda Wa Jada selalu menjadi motto hidupku. Akupun nggak tau nasibku akan seperti apa kedepannya, tapi aku memilih akan terus mengisi waktuku dengan kebaikan. Pernah suatu hari, aku dikastau terlalu terobsesi sama studi, aku katakan iya benar, sebab inilah waktunya. kita punya banyak waktu, semangat kita masih berapi-api. Mana mungkin aku tidak terobsesi sama studiku. Bukankah apa yang kita lakukan hari ini adalah cerminan masa depan kita. Inilah caraku berproses dan menikmati takdir Tuhan untukku.

Hari ini melalui Ustadzah Oki Setiana Dewi, aku kembali diingatkan untuk lebih bersabar lagi. Jangan jadikan masalah apapun menjadi penurun semangatmu. Hidup bukan hanya tentang tawa, melainkan ada air mata didalamnya. Bukan hanya tentang keberhasilan, tapi ada juga kegagalan yang mengiringinya. Hidup bukan melulu tentang kebahagiaan, ada kesedihan juga yang menyertainya. Kamu juga nggak mesti menang terus, pasti akan mengalami kekalahan. Apapun yang menimpamu, Bersabarlah. kamu cuma perlu bersabar sebentar lagi. memang sulit, tapi dengan sabar kamu akan mampu mengendalikan diri untuk berpikir lebih baik lagi.

Orang lain bebas beranggapan tentang dirimu. Mereka bebas menyukaimu atau tidak. Bahkan memuji dan merendahkanmu juga adalah hak mereka. Tapi ingat satu hal “Perbuatanmu, sikapmu harus tetap sama terhadap mereka baik saat mereka memuji atau merendahkamu.” Mungkin kamu pernah merasa diabaikan atau bahkan nggak dihargai oleh orang lain. Mungkin kamu pernah dikasih harapan tapi hanya harapan palsu. Mungkin kamu adalah tipe orang yang gampang sakit hati.  Atau bahkan selalu menjatuhkan air mata ketika merasa tidak dianggap keberadaannya atau tidak dihargai oleh orang yang kamu harapkan. Apapun itu, maafkanlah mereka. doakan yang terbaik untuk mereka dan terus fokus dengan karya-karyamu untuk mencetak lebih banyak prestasi. Jangan terpengaruh dengan penilaian manusia terhadapmu. Di dunia ini ada orang yang senang melihat orang susah dan susah melihat orang senang. Ketika kamu memilih berhenti berjuang, itulah yang diharapkan oleh mereka.

Apapun kondisinya, teruslah beriman, beramal shalih dan saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Teruslah belajar, belajar, dan belajar untuk menuntut ilmu dimasa mudamu. Kita masih punya banyak waktu untuk mengisi diri kita dengan ilmu. Jangan gunakan masa mudamu untuk galau gak jelas. Galau karena diputusin pacarnya misalnya atau gak bisa mutusin pacarnya. hehe. Galau karena nggak ada yang perhatian. padahal kita punya orang tua yang perhatian sama kita dengan luar biasa. Kita kuliah dan masih minta uang sama orang tua. tapi banyak diantara kita yang masih malas-malasan untuk kuliah. sering bolos dan lain sebagainya. Apa kita gak kasihan sama orangtua kita yang banting tulang dan menggantungkan harapan pada kita? Kita harus punya arti dalam hidup teman-teman. Isi masa muda dengan ilmu. Sibukkan diri dengan kebaikan agar engkau tak punya waktu untuk melakukan keburukan. Sampai kapan, kita terus mengeluh dengan keadaan. Yang harus kita lakukan adalah bangun dan bangkit, terus berkarya dan terus berproses, bukankah hidup adalah proses. Sebenarnya kita semua mampu melakukan apapun, tapi pertanyaannya apakah kita mau melakukannya?

Jadilah pemuda yang luar biasa bukan pemuda biasa-biasa saja. Pemuda yang kreatif dan terus berkontribusi untuk agama dan bangsa. Kalian mungkin pernah mendengar cerita dari Pak B.J. Habibie. Ketika beliau ditanya  untuk memilih antara IMTAQ(Iman & Taqwa) atau IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Beliau menjawab dengan tegas IMTAQ. IPTEK tanpa IMTAQ hanya membawa kekacauan dan kehancuran bagi dirinya dan orang lain. Ia bisa berbuat semaunya dengan ilmunya tanpa ada rasa takut pada Allah. Lalu kata beliau, Tapi saya berdoa  pada Allah, agar Allah izinkan saya memiliki keduanya agar dengan IPTEK yang saya miliki, saya bisa terus berkontribusi untuk Agama dan Bangsa.

Satu hal yang paling penting adalah, “Libatkan Allah dalam setiap urusan kita.” Allah dulu, Allah lagi dan Allah terus. Aku sudah membuktikannya bahwa ketika kita melibatkan Allah dalam setiap detik dari kehidupan kita, semuanya terasa begitu indah. Semuanya terasa baik-baik saja. Tak ada kekhawatiran sedikitpun. Saat mengalami kegagalan, tenang saja ada Allah. Pasti ini bukan yang terbaik untukku. Lalu diingatkan lagi dengan salah satu ayat Al-Qur’an bahwa boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. Tenang lagi perasaannya setelah itu. Atau saat menghadapi kesulitan, Ketika kita mengingat Allah dengan ayatnya bersama kesulitan ada kemudahan, semua kembali jadi biasa-biasa saja. Bahkan ketika kita merasa kita punya masalah yang amat berat dan tidak punya jalan keluar lagi. Allah kembali mengingatkan bahwa ” Aku tidak akan menguji hambaku melebihi batas kemampuannya.” Allah memberi tanda bahwa kita pasti bisa melewatinya. Gantungkan harapan kita hanya padaNYA.

IMG_20170714_091645_HDR

 

“Ketika kita mencintai segala sesuatu dengan Asma Allah, kita nggak akan pernah kenal yang namanya sakit hati.” Ketika kita terus mengingat Allah dimanapun dan dalam keadaan apapun, everythings really gonna be ok.

Advertisements

SIAPA “KAMMI”???

Alhamdulillah untuk rasa yang Allah beri lewat KAMMI. Pertama kali gabung ormas ini, aku langsung dibuat baper sama kader-kadernya. Dont take this wrong way of “Baper” that i mean here, guys…

img_20171010_192038.jpgimg_20171009_144841.jpg

Baper disini bukan karena ikhwannya yang luar biasa, tapi karena aku melihat bagaimana kader-kadernya berusaha istiqomah. Aku belajar bukan hanya tentang agama tapi bagaimana melibatkan Allah dalam setiap urusan. Bagaimana mencintai Indonesia pun aku belajar disini. Hidup untuk banyak orang, Hidup untuk bermanfaat buat orang lain. Semangat juang mereka pelan-pelan menular menambah semangatku.

img-20171027-wa0060.jpg

Allah mengundangku bergabung di KAMMI disaat yang tepat. Disaat aku merasa ilmu ini masih dan harus terus diasah. Disaat aku merindukan sahabat” yang bisa terus mengingatlanku padaNYA.Disaat jadwal kuliah yang hanya 3x seminggu dan melahirkan kebosanan. Disaat aku bingung bagaimana waktuku bisa berjalan produktif.Disaat waktu terus bergerak maju, namun aku hanya jalan ditempat. Aku yang hanya gini-gini aja tanpa ada perubahan yang lebih baik. Disaat aku merasa sepi meski dalam keramaian. Disaat aku merindukan dan mengkhawatirkan segala sesuatu yang belum jelas. Disaat itu semua Allah mempertemukanku dengan sahabat” luar biasa yang mampu mengatasi itu semua.

img-20171021-wa0011.jpg

img-20171025-wa0018.jpg

Seperti namanya “Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia”, maka sudah pasti aku akan sering melakukan aksi. Mengkaji isu-isu publik dan turun kejalan menyatakan sikap sudah mulai aku lakukan dan akan terus aku lakukan hingga akhirnya nanti. Hal ini bukan untuk mencari pujian atau kedudukan. Ini bukan tentang bagaimana kita memulai sesuatu ataupun bukan tentang bagaimana kita mengakhiri sesuatu, melainkan ini tentang bagaimana kita bertahan dan selalu berusaha istiqomah terhadap jalan yang kita pilih. Karena mudah saja kalau cuma mengawali dan mengakhiri sesuatu. Tapi menjalani sesuatu dengan istiqomah adalah hal yang sangat sulit dilakukan oleh siapapun dan KAMMI mengajarkanku untuk terus istiqomah bersama Allah. Turun kejalan melakukan aksi, rela panas-panasan sambil memegang banner pernyataan sikap akan jadi kumpulan sejarah untukku nanti. Kata-kata pecah berkeping-keping, berteriak dengan suara lantang mengalahkan bunyi kendaraan yang lalu lalang yang mungkin tidak didengarkan oleh mereka yang lewat atau malah dicemooh, dicaci, diejek, dikucilkan oleh orang-orang yang tidak sadar kalau KAMMI melakukan ini untuk membela mereka.

Kalau ditanya untuk apa aku dan KAMMI melakukan ini, apa yang KAMMI dapat? Jasebagian orang ini tidak bermanfaat dan hanya membuang” waktu, Aku katakan bahwa ” Aku menemukan IMAN disini, Aku menemukan KEDAMAIAN disini, aku menemukan segala sesuatu yang menyejukkan jiwa disini. Manusia kalau hanya bermodalkan manusia saja, tidak akan pernah cukup teman-teman . Harus ada IMAN didalamnya. Kenapa??? Karena manusia itu sifatnya berubah”, kadang sedih, senang, galau, dan banyak lagi lainnya tapi dengan IMAN ,in Shaa Allah dia akan selalu bisa mengatasinya dengan cepat dan tepat dan menyebarkan kebaikan adalah salah satu jalan memperoleh kebaikan itu pula.

Inilah salah satu rencana terindah Tuhan untukku, dipertemukan dengan putra putri kandung dakwah yang akan beredar bersama dakwah ini kemanapun perginya, yang akan menjadi pembangunnya yang paling tekun, menjadi penyebarnya yang paling agresif dan penegaknya yang paling kokoh yang in Shaa Allah adalah para ilmuwan yang tajam analisisnya, pemuda yang kritis terhadap kebathilan, politisi yang piawai mengalahkan muslihat musuh dan yang piawai dalam memperjuangkan kepentingan umat, seorang pejuang disiang hari dan rahib dimalam hari, pemimpin yang bermoral, teguh pada prinsip dan mampu mentransformasikan masyarakat, guru yang mampu memberikan kepahaman dan teladan, sahabat yang tulus dan penuh kasih sayang, relawan yang mampu memecahkan masalah sosial, warga yang ramah kepada masyarakatnya dan responsif terhadap masalah mereka, manajer yang efektif dan efisien, panglima yang gagah berani dan pintar bersiasat, prajurit yang setia, diplomat yang terampil berdialog, piawai berwacana, luas pergaulannya, percaya diri yang tinggi serta semangat yang berkobar tinggi.

ITULAH KAMMI!!!!!!!

Dreamer vs Imaginer

 

IMG20170214062449

Orang yang berani bermimpi disebut “dreamer”, lalu orang yang keseringan mengkhayal disebutnya apaa yaa?? ” Imaginer”. Thats right..

Dreamer vs Imaginer…

Dua kata yang terlihat dan terdengar sama, namun kalau ditelusuri lebih dan lebih lagi ternyata berbeda. Siapa sih dreamer??? Lalu siapa juga Imaginer?  Bukankah mereka sama-sama dimulai dengan “berangan-angan”..Yaa its correct. Kalau diibaratkan, mungkin kita bisa mengambil contoh dari klub sepak bola terkenal dan klub sepak bola-bolaan…Sebelum aku melanjutkn ceritaku lebih banyak lagi, kalian pasti paham dong siapa dreamer dan siapa imaginer dari dua kelompok ini??? Udah bisa ketebak dong pastinya tanpa aku berceloteh lagi. Klub sepak bola terkenal dan klub sepak bola-bolaan sama-sama memulai dengan “berangan-angan”. Kita misalkan klub bola terkenal itu adalah Real Madrid misalnya atau Barcelona..sorry guys,,aku sebutnya cuma itu karena cuma dua klub itu yang aku tau..Maklum gak suka dan gak hobi nonton bola. Tapi aku suka perjuangan mereka..dan klub bola”an itu kita misalkan klub Ron…..wa……i. Inisial ajaaa yaa..Mereka sama-sama punya hobi bermian sepak bola, sama-sama punya keinginan untuk bermain, sama-sama ingin mencetak gol dan menang ketika bermain. Tapi bedanya, kenapa pada akhirnya mereka menjadi klub bola terkenal karena mereka adalah dreamer. Mereka berani bermimpi untuk suatu saat akan menjadi pemain sepak bola terkenal di dunia. Mereka punya target kapan merealisasikan mimpi itu. dari target itu mereka punya usaha dan kiat-kiat untuk bisa menjadi seperti apa yang mereka inginkan. Mereka punya tujuan yaitu menjadi Pemain Sepak Bola Terkenal. Hingga mereka melihat setiap hambatan adalah ujian mental buat mereka. Mereka begitu menghargai proses dan waktu. Lalu pada akhirnya kenikmatan menjadi pemain sepak bola terkenal didunia bisa mereka gengam. “Itulah dreamer”…Sementara Klub sepak bola-bolaan tadi hanya mampu sampai batas angan-angan. iyaa benar bahwa mereka punya angan-angan bahkan lebih dari seorang dreamer, tapi itu hanya berkutat dalam pikiran mereka. Tidak ada aksi didalamnya. Tidak ada target dan usaha untuk menggapainya. Mereka enggan untuk berlelah-lelah…Lalu pada akhirnya mereka hanya menjadi klub bola-bolanan saja. “itulah Imaginer”….

Ayo dong lihaat para dreamer yang gigih memperjuangkan mimpi-mimpi mereka. Seperti Nabi Muhammad SAW misalnya, atau Bapak Presiden kita Jokowi. Ada juga Bill Gates dan Merry Riana serta banyak dreamer-dreamer lainnya yang semuanya bermula dari seorang imaginer. Bayangkan kalau aku bisa menjadi mentri pariwisata misalnya, bayangkan kalau aku bisa merancang kapal sendiri, bayangkan kalau aku bisa menjadi bidan dan perawat terkenal, Bayangkan kalau aku bisa menjadi Engineer yang Hebat dan dibayar dengan bayaran mahal untuk mendesain bangunan, bayangkan kalau aku menjadi seorang guru atau dosen yang berhasil mendidik siswa-siswaku menjadi orang sukses, Bayangkan, bayangkan dan terus membayangkan. Membayangkan mimpi-mimpi kita terwujud sajaa udah bahagia yaa apalagi itu benar bisa terwujud. Sebenarnya menjadi seorang imaginer saja uda bahagia bangat,,Kadang senyum” sendiri gak jelas.. Tapi kita tidak cukup hanya menjadi seorang imaginer saja. Kita harus bisa jadi seorang dreamer yang berani mengambil action untuk mewujudkan imaginasi-imaginasi kita. Bukankah seorang Engineer untuk membuat bangunan yang bagus harus dimulai dengan imaginasi kemudian mengambil pensil untuk mencoret” hasil imaginasinya diatas kertas hingga menghasilkan rancangan yang indah sebagai bagian dari action atau usahanya untuk merancang suatu bangunan? atau bukankah ketika belajar menulis atau membaca kita harus mengenali  26 abjad terlebih dahulu sebagai bagian dari cara kita untuk bisa membaca dan menulis. Bagiku Dreamer ialah imaginer tapi imaginer bukanlah dreamer.

Selanjutnya, ada hal yang lebih tidak bagus lagi . Ada sebagian dari kita yang bahkan untuk menjadi seorang imaginer saja gak mampu. Maluu,,Gak Berani,,,Gak Punya nyali,,Kaku. Kenapa bisa seperti itu??? Karena kita tidak percaya diri itu bisa tercapai. Kalau ditanya mimpimu apa? pasti Jawabannya  “rahasia dong”, cukup saya saja yang tau soalnya kalau dishare biasanya gak terwujud. Mimpi kok dirahasiain? gimana orang bisa tau, gimana orang lain bisa bantu kalau dirahasiain. Ingat, kita gak mungkin bisa mencapai mimpi kita tanpa bantuan orang lain. So, share your dreams to everyone, maybe one of them can help you to catch one of your dream. Untuk urusan mimpi kita terwujud atau tidak, biar Tuhan yang menyeleksi mana yang terbaik untuk kita. Bukankah sudah banyak mimpi yag kita share dan Tuhan wujudkan meskipun kadang kita tidak menyadarinya seperti mimpi untuk kuliah misalnya. Kamu yakin kamu bisa kuliah sekarang atau kamu bisa sekolah sekarang karena uang orang tuamu? bukan..itu karena Tuhan bilang “YES” pada apa yang kita inginkan. Banyak orang diluar sana yang Tuhan bilang TUNGGU atau TIDAK untuk melanjutkan pendidikan mereka karena Tuhan sudah meyeleksi mana yang terbaik untuk mereka. Jadi, jangan sok tau kalau mimpi kita gak terwujud gara” dishare ke oranglain. Iringi mimpi itu dengan usaha. Lagu enak didengar kalau ada yang mengiringinya kan? seperti gitar, piano, dan musik-musik pengiring lainnya. Nah, sama juga dengan dream. dream bisa terwujud kalau ada usaha yang mengiringinya. so keep on fighting, sahabat”ku. Trus  ada lagi jawaban yang lebih lucu saat ditanya mimpimu apa yaitu “belum terbayang mau jadi apa”. Jalanin aja dulu seperti air yang mengalir. Maka dari itu saya katakan , kita untuk membayangkan apa  mimpi kita saja, kita belum mampu. kita gak berani. kalau hidup seperti air, air itu pasti mengalirnya ketempat yang rendah kan. berarti kalau mau ambil filosofi itu semakin hari kita semakin menuju ketempat yang rendah dong..Kalau aku sih lebih suka filosofi kupu-kupu dan Kerang dilaut. Tau kan ceritanya bagaimana proses menjadi kupu-kupu yang indah dan kerang yang menghasilkan mutiara??? Kalau penasaran,, cari sendiri yaa ceritanyaa..

Okee,sekian dulu yaa celotehnya. semoga setelah membaca coretanku ini, kalian bisa menentukan who are you? are you dreamer or imaginer? this is for self reminder juga sih…DREAM+PRAY+ACTION+= SURRENDER TO GOD

-by Dreamer-

 

 

Bahagia itu ketika kita sudah mulai mencentang mimpi yang kita tulis

3 tahun yang lalu kakakku yang dengan bangganya bilang “aku mau ke Malaysia dek, mau ikut lomba disana selama seminggu”. Aku bangga juga dong sebagai adiknya. Dalam hati aku berdoa”Ya Allah pengen…Semoga bisa nyusul”. Begitu kataku dalam hati. Hingga akhirnya waktu terus berjalan dan singkat cerita Allah ngabulin doa itu setelah 3 tahun menunggu. Aku kadang merasa seperti mimpi tapi memang semuanya berawal dari mimpi sih..

Aku wanita yang sangat berambisi terhadap mimpi” yang sudah aku susun. Ketika menulis mimpiku satu persatu aku kadang lupa siapa aku? dan dari keluarga mana ? Aku sering lupa kalau aku dari keluarga biasa-biasa saja. Tapi bukankah untuk bermimpi tidak membutuhkan biaya mahal? Mimpi cuma butuh keberanian!!! Tenang ajaa,,ada Allah. La Tahzan,Innallaha Maana. Kalimat itu yang selalu menguatkan disaat semua orang memandang aku rendah. Ketika Allah sudah dihati, semuanya baik” saja.

Semakin jauh kaki ini melangkah, membuatku semakin mngerti bahwa tugas kita hanyalah merencanakan, menulis semua yang kita impikan. Biar Allah yang menyeleksi mana mimpi yang layak untuk kita gapai. Ada kebahagiaan tersendiri ketika kita duduk dan memandangi satu persatu dari mimpi kita yang sudah Allah kabulkan. Dan tak ada sedikitpun perasaan kecewa ketika salah satu dari mimpi yang kita tulis belum Allah wujudkan karena sejatinya mimpi yang gagal itu selalu berdampingan dengan mimpi lain yang sudah sukses. Ketika Allah sudah dihati, semuanya sungguh terasa ringan. Terkadang aku begitu terkagum-kagum dan tak percaya. Ya Allah, Engkau benar ngasih apa yang aku minta…Ya Allah janjiMU benar dan selalu ontime…

Ya Allah, Terima Kasih atas NikmatMU yang tak pernah putus. Terima Kasih Engkau terus memberi kekuatan meski banyak diluar sana yang menertawakan, meragukan dan bahkan menganggap rendah mimpi”ku. Justru dengan keraguan” mereka, Aku bisa punya kekuatan lebih untuk bergerak. Layaknya filosofi seekor kupu”, bukankah untuk menjadi kupu” yang indah, ia harus melewati proses yang panjang yang tidak jarang membuat tubuhnya sakit??? Kini aku menyadari bahwa segala sesuatu itu butuh proses. Untuk melewati proses itu dibutuhkan kesiapan mental, ilmu dan yang terpenting adalah iman. Semua memang indah pada waktunya bagi mereka” yang bisa bersabar melewati proses itu. Yang bisa melakukan yang terbaik hari ini. Karna apa yang kamu tanam hari ini, itu yang akan kamu petik nantinya. Hiduplah untuk hari ini dulu. Pastikan targetmu hari ini tercapai. Jangan sampai kita melewati satu hari begitu saja tanpa ada aktivitas bermanfaat didalamnya. 

La Tahzan, Innallaha Maana…

Masa Muda Luar Biasa

Sebenarnya aku menulis ini, aku juga nggak tau motivasinya apa. Butuh pertimbangan berulang kali sebelum akhirnya aku mampu mengambil pena dan merangkai kata demi kata diatas secarik kertas. Semoga melalui coretan-coretan singkat ini, bisa mendatangkan manfaat untuk teman” dan menjadi bekal untuk akhiratku nanti.aamiin…
“Pacaran”. Sampai detik ini aku belum menemukan apa definisi dari pacaran. Mungkin, teman” yang sedang atau punya niat untuk mengenal itu, bisa memberitahu aku definisinya supaya aku mengerti. Bosan ahh,bahas ini.kenapa harus ngambil tema ini, kaya gak punya tema lain aja. Tapi aku lebih bosan lagi melihat banyak anak muda diluar sana yang mengisi waktu emasnya dengan kegalauan tidak jelas. Dan aku semakin bosan lagi ketika mendengar kalimat-kalimat seperti ini,”ini udah 2017 loh gaess, masa iya masih jomblo ajaa”. Sebenarnya bukan karena nggak pacaran yang bikin aku malas untuk mendengar itu. Tapi karena menurutku gak penting ajaa. Sayang kan, masa muda diisi dengan hal” seperti itu. Tapi kamu juga pernah kan nin?Jadi jangan sok nasihatin orang deh. Iya teman” , aku pernah tapi itu dulu sebelum hidayah datang menyapaku. Aku pernah terlibat dalam kasus pacaran itu, aku pernah galau tidak jelas, tapi itu ketika aku belum sadar dan belum ketemu ilmunya.

Kalau aku boleh memutar waktuku, mengingat” masa itu ajaa aku enggan apalagi untuk terlibat lagi kedalamnya. Mang sekarang masih jamannya pacaran??buat yang belum terjerumus ke hal itu, aku beritau, mending jangan deh. Nggak ada untungnya teman”. Untuk yang pacaran coba deh jawab pertanyaanku. Dalam hati juga gak apa”.biar gak kedengaran. Soalnya itu dosa loh,,itu aib loh,,,.untungnya kalian pacaran apa sih? Udah ketemu belum jawabannya? Nggak ada kan?? Ada yang menemukan jawaban buat motivasi, menikmati masa muda, biar dianggap keren, biar kebarat”an…ada lagi gak selain yang aku sebutkan tadi? Bingung kan mau jawab apa? Apa ada jawaban yang lebih keren dari itu???Sunnah Rasul mungkin,,Kalau sunnah rasul, aku juga mau..

Yang teman” bilang memotivasi itu gak ada sama sekali. Aku bilang seperti ini karena berdasarkan pengalaman soalnya.hehehe. Motivasi belajar lah, motivasi ibadah lah,, jadi alarm kebaikan lah dan apapun itu semuanya bohong. Motivasi belajar, belajar bareng maksudnya atau sholat berjamaah? Tanpa pacaran juga, aku   tetap termotivasi buat belajar. Malah lebih fokus. Yang memotivasi kita mau belajar itu karena kita punya target, punya cita”. Bukan karena sidia yg gak jelas itu. Soal ibadah, alarm kebaikan? Bohong itu. Kalau alasannya krna ibadah atau alarm kebaikan untukmu, nggak mungkin dia mau pacaran. Kan pacaran bukan kebaikan. Kamu berulang kali khatam Al-Qur’an. Berulang kali membaca Surah Al-Isra ” La Takrobu Zina” ( Jangan Dekati Zina) tapi masih juga kamu langgar? Apa itu yang kamu sebut motivasi? Apa itu yang kamu sebut sebagai alarm kebaikan. Tapi kan aku tidak berzina? Kata siapa? Zina itu banyak bentuknya teman”. Kamu menatapnya dengan penuh cinta, itu zina mata namanya, Kamu memikirkannya siang malam, Itu Zina otak namanya, kamu memegang sesuatu yg belum menjadi hakmu, itu zina tangan. Kamu telfonan atau menjalin komunikasi , itu zina suara namanya. Ketat sekali Islam mengatur hubungan pertemanan antara laki” dan permpuan. Tapi kan pacaran nggak ngapa”in? Ya udah kalau nggak ngapa”in ,yaa ngapain pacaran. Tapi aku cinta bangat,, Tapi aku suka bangat sama orangnya. Gak salah kok jatuh cinta, yang salah adalah cara kamu menjaga cinta itu. Teman” tidak ada cinta sebelum pernikahan. Kalaupun ada, itu hanya hawa nafsu saja. Sabaar,,,Lawan ituuu. Isi masa muda dengan prestasi. Waktu terus berjalan meski kamu tak pacaran. Sibukkan diri dengan terus memperbaiki diri.

Coba diingat”, kasihan yaa orang” yang pacaran.Kenapa? Orang” pacaran kan biasanya dituntut untuk setia. Iya gak? Kasihan bangat. Padahal diluar sana ada banyak cowok” keren, wanita” yang lebih keren. Karena pacaran yang tidak halal itu kita kehilangan kesempatan untuk kenal sama mereka. Lebih baik berteman saja sambil mencari siapa yang pantas untuk kita nantinya. Tapi ingat temanan yaa bukan TTM atau PHP. TTM,PHP, dan pacaran itu sama saja. Semuanya sama” mendekati zina.

Aku envyy bangat sama mereka” yang masih setia menjaga diri untuk tidak terlibat kasus itu. Iriii bangat. Untuk mengingat aku pernah pacaran saja ,maluu bangat. Nyesal bangat pokoknya. Untuk mengingat pernah TTM atau PHP ajaa,,Astagfirullah,,kemana yaa otakku waktu itu. Lagi tidur kali yaa,,hehe. Masa lalu yang tidak pantas untuk diingat kembali. Diingat untuk dijadikan pelajaran ajaa.

Teman”, ingat!!! Perempuan itu tabiatnya suka diperhatiin. Suka dimanja. Pengalaman soalnya. Tapi, tolong teman” jaga diri. Jaga kesucian diri. Bentengi diri kita dengan iman. Minta kekuatan sama Allah. Aku suka sedih sekali kalau melihat berita sekian persen wanita tidak perawan lagi. Sediih bangat.

Jaga diri wahai sahabat”q . Jangan jadi perempuan yang mohon maaf saya katakan ini .perempuan yang murah. Apa itu murah? Apa” mudah. Mudah diajak nonton, mudah diajak hang out, mudah diajak jalan, mudah di colek sana, colek sini dan mudah di apa”in. Gak mau jadi bahan percobaan kan? Tidak mengapa kita dikatain sok jual mahal. Tidak mengapa kita dibilang, jangan terlalu fanatik, nanti nggak ada cowok yang mau dekat sama kamu. In Shaa Allah, cowo yang nggak mau dekat  itu emang tidak pantas untuk dapatin sekeping hati baik kita. Jadilah wanita yang mahal. Jaga diri baik”. Masa muda jaga kesucian diri. Isi dengan prestasi. Kata OSD, Nanti in Shaa Allah ada pangeran berkuda putih yang akan melamarmu. Hehehe

Sabaar,,,tenang. Indah pada waktunya nanti.

Teman” ingat!!! Allah sudah mengingatkan bahwa kau bisa mendapatkan pasangan yang sholih dan sholihah kalau dirimu juga sholih dan sholihah. Laki-laki ada 2 jenis.laki” baik dan laki” jahat. Laki” baik itu sedikit dan Laki” jahat itu banyak.Sementara wanita itu ada 3 jenis. Wanita baik, wanita jahat dan wanita ditengah”(baik dan jahat). Wanita baik itu sedikit, wanita jahat banyak namun yang paling banyak adalah wanita baik dan jahat. Lalu pertanyaannya, wanita yang baik dan jahat ini pasangannya siapa? Yaa sudah pasti yg punya jumlah yang banyak tadi yaitu laki” jahat..Jadilah yang sedikit itu meski kau merasa terasingkan bukankan ISLAM datang dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaan asing pula. Teman”, sekarang waktunya lajang. Banyak sekali waktu kita untuk belajar. Isi diri dengan ilmu sebanyak”nya. Masa muda adalah masa” yang hawa nafsunya lagi tinggi”nya. Tapi ada sebagian dari masa muda dari para pemuda yang menekan hawa nafsunya dan memilih untuk beribadah kepada Allah. Itulah golongan yang kata Rosul:

” ada 7 golongan yang akan dinaungi oleh Allah dimana tidak ada yang menaunginya kecuali Allah adalah salah satunya pemuda” yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah. Allah mengapresiasi masa muda luar biasa kata Allah”.

Kau tau ilmunya. Kau tau pacaran itu dilarang oleh Allah. Tapi kenapa kau berkhianat??Jangan campur adukkan antara yang haq dan bathil teman”. Siangnya kamu pacaran, Malamnya kamu tahajud memohon Ampun pada Allah tapi besoknya kamu pacaran lagi. Itu namanya kamu mencampur adukkan antara yang benar dan salah. Kalau saja pacaran itu halal dan sunnah rasul, aku sudah pasti melibatkan diri. Tapi, aku lebih mencintai Tuhanku, Aku mencintai Rasulku, Aku mencintai kedua orangtuaku dan aku mencintai dia yang akan menjadi jodohku kelak. Katakan pada diri masing” kalau aku menjaga diri dengan baik, dia yang entah aku tidak tau siapa itu juga pasti akan menjaga dirinya dengan baik. Allah itu Maha Membolak-balikkan hati manusia.Tapi semoga Allah senantiasa menetapkan hati kita, hati teman” yang lagi hijrah hanya pada agamaNYA.Istiqomah itu suliiit sekali.Tapi jika segala sesuatu dikerjakan dengan niat dan tekad yang kuat serta menyertakan Allah didalamnya, IN Shaa Allah Akan selalu ada jalan untuk hambaNYA yang mau berubah menuju lebih baik dan semakin mendekat padaNYA. Aamiin,,,,

Thanks for Reading

Semoga Bermanfaat…..                                                            

Tuhan Pasti Ngasih Apa Yang Kita Minta

​Satu hal yang paling saya segani adalah minta uang sama orang tua atau siapapun itu. Bukan karena orang tua gak mau ngasih, tapi gak mau jadi beban buat mereka aja.Kamu kan masih tanggung jawab orang tuamu nin? Iyaa,,aku tau. Tapi orangtuaku juga tanggung jawabku. Sedih aja kalau harus berkata,ma..pa…uangku habis.Kirimin dong!!! Sampai kapan mau seperti itu? Tunggu sampai lulus kuliah? Tunggu sampai punya gelar dan dapat pekerjaan? Tanya dirimu? Berapa umurmu sekarang? 19 tahun kok masih merengek minta uang sama orang tua..Apalagi cowok!!!Kenapa cowok? Memangnya bedanya cewek sama cowok apa?? Yaah jelas beda lah. Fisik ajaa beda. Situ mau dikatain “cantik” atau “banci” ??hehehe. Gak mau kan??? Nih aku kastau buat para cowok”,,cowok itu nanti bertanggung jawab buat cari nafkah untuk keluarganya nanti.Kalau umurnya sudah 20 tahun keatas tapi masih bergantung sama orang tua, gimana nanti?? Mau bergantung sama istrinya?? Hehe,,bercanda teman”. Tapi benar kok..iyaa kan?? Tuh buat para cowok yang katanya kuat buktiin dong…hehehe

Dulu nih teman”, 2 tahun yang lalu waktu aku pertama kali merantau, pikiran awalnya itu begini ” wahh enaak nih dapat uang bulanan dari orang tua. Waktu itu 500K per bulan. Kalau tinggal dirumah kan gak mungkin dikasih 500K per bulan. 1000 ajaa masih tanda tanya???hehe..500K waktu itu digunain buat uang jajan+uang keperluan sehari” selama sebulan diluar uang kos. Anak kos kan biasanya masak, tapi waktu itu aku nggak karena pertama kali merantau bukan untuk kuliah tapi kursus bahasa inggris di kampung inggris, pare, kediri, jawa timur. Aku bangga bangat punya orang tua yang restuin anaknya belajar jauh” ke pulau jawa hanya untuk belajar bahasa inggris. Luar biasa lah dipokiranku.(i love you mom & dad). Aku diantar ayahku kesana. Setelah itu ditinggal. Sedih gak? Bangat. Rindu gak? Bangat. Takut gak? Hmmm lebih-lebih itu. Takut bangat karena waktu itu benar- benar sendiri dan gak punya teman sama sekali. Tapi kok bisa??? Yaa karena tidak ada pilihan lain selain BERANI teman-teman. Itu satu”nya pilihanku saat itu. Rasa sedih, takut & rindu dikalahkan oleh tekad untuk belajar bahasa inggris di Pare. Mungkin  bagi segelintir orang, ke kampung inggris pare adalah hal biasa. Tiap liburan juga bisa. Tapi bagiku tidaaak,, itu kesempatanku yang belum tentu dapat terulang keduakalinya. Kapan lagi aku bisa kesana , pikirku. Kalau dalam bahasa daerahku itu “Tedafua”… Aku maksimalin.pokoknya aku belum boleh pulang sebelum bisa berkomunikasi menggunakan bahasa itu..Walhasil,, Alhamdulillah sekarang udah bisa dikit”,,hehe

Kembali ke uang 500K dalam sebulan tadi, aku kira itu cukup. Ternyata tidak teman”. 1 hari aku menghabiskan 30K untuk makan karena belinya diluar dan makan enaak terus. Makan enak kan mahaal,,hehe.Lidahnya terlalu sombong padahal gak sesuai sama isi dompet. 30K x 1 bulan = 900K. Berarti kurang 400K dong. Cara dapatnya gimana?? Kerja part time?? Yaa gak lah. Saat itu belum adaa pikiran begitu. Taunya cuma minta uang sama orang tua. 24 jam waktuku dipake buat kursus. Trus dapat uangnya gimana?? Minta lagi sama orang tua 200K. Itu cuma buat uang makan teman-teman. Aku tinggal 1 Asrama itu isinya hampir 100 orang karena 1 kamar 4 orang. Tiap weekend ada jalan”nya entah itu ke Jogja,Malang atau Kediri dsb. Tapi waktu itu bisa dibilang aku orang yang paling betah diasrama. Nggap pernah diajakkin jalan” atau gak mau jalan” nin? Banyak yang ngajakin teman”. Cuma masalahnya mereka gak pernah ngajakin gratis pasti patungan.hehehe. Aku sering ditanya ke Bromo yuk nin, Mau ikut ke kelud gak nin, tahun baru dijogja yuk nin,, Ke Museum Angkut yukk nin? Semuanya aku tolak dengan alasan lain kali ajaa deh, aku masih pengen istrahat. Temanku sampai bilang kaya gini, kamu itu tiap kali diajakkin gak pernah mau yaa..Padahal Bukannya aku gak mau. Siapa sih yang gak mau jalan”? Pengen teman”…Tapi waktu itu aku mikirnya, kalau keluar jauh pasti uangnya banyk yang kepake. Nanti dompet kosong sebelum waktunya. Trus nanti makannya pake apaa?? Akhirnya jalan-jalan dihapus dari daftar. Weekend yaa diasrama ajaa meskipun sepi. 4 bulan 2 minggu dipare, aku cuma 1 kali jalan” itupun hanya ke Kediri.Monumen simpang 5 Gumul yang bangunanya mirip Arc De Triomphe di Paris. Eaaaaa yang kepariss,,aamiin..     

4 bulan disana aku bukan hanya belajar bagaimana bisa berbahasa inggris yang baik dan benar ,tapi aku juga belajar tentang teori kehidupan. Aku belajar tentang arti kesabaran, keseriusan, tanggungjawab, bagaimana memanfaatkan waktu seefisien mungkin dan banyak hal lain tentang untuk apa kita hidup.
Waktu itu aku berpikir, sabar lah. Semuanya pasti ada waktunya kok. Eh ternyata benar. 1 tahun kemudian Aku dikuliahkan sama Allah di Jogja dengan gratis pula. Nikmat Tuhanmu Mana Lagi yang Dapat kau Dustakan??? Tau-taunya bukan hanya tahun baru di Jogja, kuliahnya malah disini. Jurusannya apaa coba ?? Aku dikasih jurusan Pariwisata sama Allah yang mana tiap matkulnya itu ada kuliah lapangannya di obyek wisata yang berbeda dan itu setiap semester. Bukan hanya tahun baru di Malioboro ajaa tapi Allah ngasih lebih dari itu. Sekarang kalau jalan” ,aku udah bosan teman”. Hehehe.  Sombong dikit yaa,,hehe. Bercanda kok. Dulu juga waktu aku diajak kin ke Museum Angkut Batu Malang,Aku dengan terpaksa menolak dan berbisik dalam hati, semua ada waktunya nin..dan ternyata waktu itu datang. Baru” ini aku melakukan observasi untuk jurnal Domestic Case Studyku ke Kota Batu Malang. Bukan hanya Meuseum Angkut teman”, tapi banyak destinasi yang dikunjungi.

Allah selalunya ngasih lebih. Walaupun gak dikasih 900 perbulan tapi Allah ngasih mendekati angka itu tepatnya 650K. Trus masih minta lagi gak sama orang tua? Masih teman-teman karena gak cukup buat bayar uang kos. Trus emang 650K cukup untuk uang makan dan uang keperluan kuliah.gak sih .berrti minta sama orang tua lagi dong.yaa gak lah.sudah kukatakan dari awal bahwa aku paling gengsi minta uang sama orang tua. Ada banyak cara untuk menutupinya. Puasa senin kamis,walaupun jeleknya aku baru puasa sunnah setelah dompet menipis,,hehe.trus itu doang? Gak,,jumat pagi karna ada senam pagi dikampus dan dapat makan gratis, aku ikut. Sabtu aku cassual dikampus dari jam 9 pagi sampai 5 sore dengan upah 35K+makan siang+ makan malam. Apa itu benar” membantu, nin? Bangat teman”.Ada banyak cara untuk bisa mandiri kalau kita mau. Bukankah ada pepatah yg mengatakan dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan. Pepatah itu benar dan udah aku buktiin    sendiri kok…     

Kalau ditanya  hal apa yang membuat aku paling bahagia adalah ketika aku mendengar tawa lepas dari orangtuaku, adalah ketika aku melihat senyum tulus dari  mereka, adalah ketika aku melihat air mata terharu karena bahagia yang jatuh dari mata mereka. Tuh kan nangiiiss lagii ,,,,, Pasti nangis kalau bahas mereka. Tapi, mereka sumber kebahagiaanku ya Allah. mereka Syurgaku ya Allah. Karena mereka aku bisa seperti ini. Aku ingin umur mereka lebih panjang dari umurku . Bahkan, kalau bisa hadiahkan seluruh jatah umurku untuk mereka. Jaga mereka Ya Allah, masih banyak mimpiku untuk mereka yang belum terwujud. Aku selalu menggunakan kata ” belum” bukan “tidak”karena aku yakin apa yang aku impikan pasti tercapai tapi belum saatnya. Tidak  ada yang tidak mungkin teman”. Bukan mau pamer bahwa aku udah ini itu, karena ini masih terlalu kecil untuk dipamerkan. Ingat, diatas langit masih ada langit  . Buat Motivasi ajaa kalau Tuhan Pasti Ngasih apa yang kita minta. Cuman terkadang Dia Menunda karena menunggu waktu yang  tepat untuk kita menjemputnya. Pada waktu tepat, disaat yang  tepat, Semua akan indah pada  waktunya. Jadi,  sabaar sajaa,,, 

​KEEP ON YOUR FAITH “MUSLIMAHKU”

      Sahabatku, apa kabar imanmu hari ini ? Apakah lebih baik dari hari kemarin ataukah lebih buruk? Apapun keadaanmu hari ini, aku berharap kita sama-sama kembali ke jalan yng lebih baik dari sebelumnya. Seburuk aapun keadaan kita hari ini, yang terpenting kita masih punya kemauan untuk maju satu langkah dari keadaan kita kemarin. Aku tidak mengatakn diriku lebih baik dari dirimu, itulah mengapa aku menggunakan kata “kita” dalam surat terbuka ini. Sebelum aku menyampaikn isi surat ini, boleh yaa aku berbagi cerita sedikit. Ketika pertama kali aku menemukan tema menulis tentang “Wanita”, aku langsung berpikir bahwa inilah kesempatanku untuk menyampaikan pesan kepada sahabatku “wanita”. Mungkin melalui tulisan ini, ada sepatah dua kata yang akan membawa mereka menuju hal yang lebih baik lagi.
Sahabatku, ayo sama-sama kita melihat siapa kita dimasa lalu? Kita adalah orang yang menjaga akhlak kita. Kita adalah orang yang punya rasa malu yang luar biasa. Kita adalah orang yang selalu menundukkan kepala ketika berjalan dan berpapasan dengan lawan jenis kita. Kita terjaga wahai sahabatku. Tapi, sekarang kok malah sebaliknya yaa? Ada apa dengan kita, sahabatku? Sekarang kok malah lawan jenis kita yang punya rasa malu luar biasa ketika berpapasan dengan kita. Kita memakai kerudung kemana-mana, tapi bukan untuk menutup aurat melainkan untuk membungkus aurat. Kita mengaku telah memakai kerudung, tapi kok setiap sudut dari lekuk badan kita masih bisa dinikmati oleh lawan jenis kita dengan gratis. Berarti ada yang salah sahabatku. Ayo muhasabah diri, sudah sejauh mana kita berhijrah?

Aku tidak mengatakan kalau kita harus jadi Khadijah, Aisyah, Maryam ataupun Fatimah. Aku hanya rindu cara mereka memuliakan diri mereka. Aku rindu sosok wanita seperti mereka. Aku hanya ingin rasa malu luar biasa itu tetap melekat dalam diri kita. Malu ketika mata kita saling bertatapan dengan orang yang belum pantas kita pandangi. Malu ketika tangan kita memegang tangan seseorang yang belum pantas kita sentuh. Malu ketika tak ada lagi yang tertutup  dari diri kita, sahabatku. Tapi ingat, tidak ada kata terlambat untuk memperbiki diri menjadi lebih baik lagi. Ayo kita lanjutkan perjalanan hijrah kita. Bukan hanya sebatas membungkus aurat tapi kita menutup aurat . Jaga segala sesuatu yang melekat pada diri kita. Jaga iman kita sahabatku agar senantiasa stabil.

TENTANG PENULIS

NINA NURRAHMAH, gadis kelahiran WAKATOBI, Sulawesi Tenggara ini selalu berani bermimpi. Ia adalah mahasisiwi jurusan S1 Hospitlity di Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta dengan bantuan beasiswa dari pemerintah. Bakatnya menulis terus ia kembangkan dalam lomba-lomba karya tulis. Motivasinya menulis Keep on Your Faith ini adalah untuk menjaga sahabatnya para wanita.